Latest Post
Loading...
Rabu, 12 Maret 2014

Internet sebagai sarana pembelajaran

Assalamualaikum

 
Internet (Interconnection Network) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
Dikutip dari Wikipedia
Perkembangan teknologi informasi saat ini telah menjalar dan memasuki setiap dimensi aspek kehidupan manusia. Teknolgi informasi saat ini memainkan peran yang besar didalam kegiatan bisnis, perubahan sturktur organisasi, dan manajemen organisasi.

Dilain pihak, teknologi informasi juga memberikan peranan yang besar dalam pengembangan keilmuan dan menjadi sarana utama dalam suatu institusi akademik.

Mengutip apa yang dikatakan kadir (2003), secara garis besar, teknologi informasi memiliki peranan :
  1. Dapat menggantikan peran manusia, dalam melakukan otomasi terhadap tugas atau proses 
  2. Memperkuat peran manusia, yakni dengan menyajikan informasi terhadap suatu tugas dan proses 
  3. Berperan dalam restrukturissi terhadap peran manusia, dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap kumpulan tugas dan proses. 
Perkembangan internet yang begitu pesat telah mengubah banyak aspek dalam proses komunikasi data komputer. Setelah jaringan internet berubah menjadi jaringan global, banyak aplikasi baru berkembang untuk menunjang efektifitas dan fleksibilitas lintas data dalam jaringan internet. Internet berubah menjadi topik yang selalu up-to-date untuk dibicarakan pada tingkat riset dan materi perkuliahan diperguruan tinggi diseluruh dunia. Perubahan yang amat pesat ini akhirnya mengubah pola pemanfaatan internet oleh perguruan tinggi yang semula hanya untuk riset menjadi sarana untuk mempublikasikan hasil riset tersebut. Tidak hanya di perguruan tinggi, bahkan sekolah menengah pertama pun sudah mulai memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajarnya.

Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger, Windows Live Messenger, Twitter, Facebook dan lain sebagainya.

Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.


Berdasarkan pemahaman diatas, maka kehadiran teknologi informasi seperti Internet telah memberikan kekuatan dan merupakan potensi besar jikalau dimanfaatkan dengan baik.

Referensi :
- http://ardyprasetyo.wordpress.com
- http://www.serbapro.com


Wassalamualaikum

0 komentar:

Posting Komentar

Akang Cyber © 2013-2016 | ALL RIGHTS RESERVED