Latest Post
Loading...
Senin, 27 April 2015

Membuat lampu sein Hazard pada sepeda motor

Assalamualaikum

Artikel ini direpost dari oto86.com



Sebelum kita ke panduan cara membuat Lampu Hazard nyala semua pada sepeda motor, Sebaiknya kita ketahui dulu apa itu Lampu Hazard? Lampu Hazard adalah lampu sein yang nyala secara bersamaan ketika kita tekan tombol segitiga berwarna merah, Tombol ini biasanya berada pada dashboard kalau di mobil. Nah kalau untuk motor terserah nantinya mau di letakan dimana yang penting anda lebih nyaman ketika ingin menekan tombolnya. Teknologi Lampu Hazard ini berfungsi untuk memberikan tanda bahwa kendaraan anda sedang dalam keadaan darurat, Misalnya mobil anda dalam keadaan macet karena ban bocor atau mobil anda mogok bahkan kendaraan dalam keadaan kecelakaan lampu hazard ini juga harus dinyalakan. Nah, kira-kira lampu hazard ini kalau di pasang atau diaplikasikan pada sepeda motor apa fungsinya? Kalau menurut admin oto86 sepertinya lampu ini sama saja fungsinya terhadap fungsi lampu hazard yang ada pada mobil. Baiklah Kalau teman-teman sudah mengetahui apa itu Lampu Hazard, kita lanjutkan pembahasan cara membuat lampu hazard (lampu sein) nyala semua antara sein kanan dan kiri. Berikut tips sederhana membuat Lampu Hazard (lampu sein) nyala semua pada sepeda motor.

Cara Membuat Lampu Hazard (sein) Nyala Semua Pada Sepeda Motor

Sebenarnya untuk membuat lampu Hazard (lampu sein) di motor cukup mudah, Hanya menghubungkan lampu sein kiri dan lampu sein kanan. Tetapi untuk menghasilkan nyala lampu sein lebih sempurna dengan kedipan normal anda harus mengganti komponen flasher. Apa itu “Flasher”? Flasher adalah rangkaian komponen yang berfungsi untuk mengedipkan lampu sein. Nah, untuk membuat lampu sein (hazard) nyala semua di motor anda harus mengganti komponen flasher motor dengan flasher mobil. Lanjutkan bacaan anda…
Alat Yang Dibutuhkan
  • Flasher mobil 3 kaki
  • Kabel
  • Isolasi
  • Obeng
  • Saklar
Tips Membuat Lampu Hazard (Sein) Nyala Semua di  Motor
Lepaskan kap body samping pada motor dan temukan flasher, Kemudian putuskan hubungan kabel pada flasher motor tadi.
Pasangkan flasher mobil dengan cara 2 buah kaki langsung disambungkan dengan socket, Untuk kaki yang satunya silahkan hubungkan ke jalur masa (ground) pada motor menggunakan kabel. Pastikan sambungan kaki socket dan kabel di isolasi dengan rapat agar tidak terjadi arus pendek (konslet). Pada posisi ini ketika anda menyalakan lampu sein biasanya kedipan lampu sein akan sedikit lebih cepat dari sebelumnya.
Selanjutnya bongkar batok lampu dan temukan jalur kabel positif kedua lampu sein. Kalau anda sudah menemukan jalur positif pada lampu sein motor silahkan hubungkan antara kabel lampu sein kiri dan kanan menggunakan saklar. Jangan lupa isolasi pada sambungan kabel menggunakan saklar tadi. Sebaiknya letakan saklar pada posisi dimana anda lebih mudah untuk mengatur hidup dan matinya. Karena saklar ini pengganti tombol segitiga berwarna merah kalau untuk mobil.
Nah untuk menggunakan lampu hazard silahkan geser saklar keposisi on, lalu nyalakan lampu sein seperti biasa. Untuk menonaktifkan lampu hazard tinggal geser saklar ke posisi off lagi, dan lampu sein akan menyala seperti semula.
Sekian
Muhammad Amy Ramzie on Akang Cyber
Wassalamualaikum

0 komentar:

Posting Komentar

Akang Cyber © 2013-2016 | ALL RIGHTS RESERVED